Influenza, Flu…

6 02 2011

Influenza, sering disebut sebagai flu, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae (virus influenza), yang mempengaruhi burung dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini menggigil, demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala parah, batuk, kelemahan / kelelahan dan ketidaknyamanan. Meskipun sering bingung dengan penyakit influenza lainnya, terutama flu biasa, influenza merupakan penyakit yang lebih parah dari flu biasa yang disebabkan oleh berbagai jenis virus. Influenza dapat menyebabkan mual dan muntah, terutama pada anak-anak.

Struktur virion influenza terbentuk dari protein hemagglutinin (HA) dan neuraminidase (NA) yang ditampilkan di permukaan partikel. Virus RNA membentuk genom yang disajikan dalam bentuk gulungan merah di dalam partikel dan terikat dengan Ribonuclear Protein (RNPs). Klasifikasi virus virus influenza adalah virus RNA yang dari keluarga Orthomyxoviridae:  Virus influenza tipe A (menginfeksi burung), Virus influenza tipe B (menginfeksi manusia) dan Virus influenza tipe C (menginfeksi manusia, dan mamalia).

Virus ini hanya jauh terkait dengan virus parainfluenza manusia, yang merupakan RNA virus milik keluarga paramyxovirus yang merupakan penyebab umum infeksi pernafasan pada anak-anak seperti sesak napas, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit yang serupa dengan influenza pada orang dewasa.

Gejala influenza dimulai secara tiba-tiba 1-2 hari setelah infeksi. Biasanya gejala pertama kedinginan atau sensasi dingin, namun demam juga terjadi pada awal infeksi, dengan suhu tubuh berkisar 38-39°C (sekitar 100-103°F). Banyak orang begitu terkena sakit harus istirahat di tempat tidur selama beberapa hari, dengan sakit dan nyeri di seluruh tubuh mereka, yang buruk di punggung mereka dan kaki. Kondisi yang muncul saat mengalami gejala flu, sebagai berikut:

  • Demam dan dingin yang ekstrim (panas dingin menggigil, gemetar)
  • Batuk
  • Hidung tersumbat
  • Badan sakit, terutama sendi dan tenggorokan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Iritasi, mata berair
  • Mata memerah, termasuk kulit (terutama wajah), mulut, tenggorokan dan hidung

 

Pada anak-anak, gejala-gejala saluran pencernaan seperti diare dan sakit perut (mungkin berat pada anak dengan influenza B). Sulit untuk membedakan antara pilek dan influenza pada tahap awal infeksi tersebut, tetapi flu yang dapat diidentifikasi dengan demam tinggi secara mendadak dan kelelahan yang ekstrim. Diare biasanya bukan gejala influenza pada orang dewasa, meskipun telah dilihat dalam beberapa kasus manusia dari “flu burung” H5N1 dan menjadi gejala pada anak-anak. Karena obat antivirus akan menjadi efektif dalam mengobati influenza jika diberikan pada awal gejala. Kombinasi demam dengan batuk, sakit tenggorokan dan/atau hidung tersumbat dapat meningkatkan akurasi diagnosis terhadap gejala influenza.

Penyebaran virus influenza dapat terjadi dalam berbagai cara, melalui udara dan kontak langsung. Masa penyebarab hingan infeksi terjadi diperkirakan selama 5-7 hari setelah virus dilepaskan. Meskipun demikian, pada kasus tertentu untuk orang yang memiliki kesehatan yang prima, bisa lebih dari 7 hari. Influenza sendiri timbul pada orang yang telah terinveksi virus pada hari kedua dan ketiga.  Anak-anak dalam hal ini, akan lebih rentan terinfeksi virus dibandingkan orang dewasa. Pengobatan bagi orang yang terinfeksi atau menderita influenza adalah dengan banyak istirahat, banyak minum air, hindari alcohol dan rokok. Jika diperlukan, minum obat seperti acetaminophen (paracetamol) untuk menghilangkan/mengurangi demam dan nyeri otot yang timbul. Untuk anak-anak dan remaja, yang mengalami demam akibat influenza (khususnya tipe B) disarahkan meminum aspirin. Antibiotik tidak akan sama sekali mengobati influenza, karena anggapan sebagian orang bahwa atibiotik akan mengurangi rasa nyeri, dsb. Virus dan bakteri sangat berbeda jenis dan cara menginfeksinya.

Strategi flu pencegahan terbaik adalah mengkonsumi gizi yang baik, olah raga teratur, dan cukup tidur/istirahat. Makan sayuran dan buah-buahan karena sistem kekebalan berdasarkan gizi yang baik akan lebih mampu melawan infeksi. Makanan tersebut akan menjadi bahan bakar dengan vitamin alami dan antioksidan yang ditemukan dalam makanan sehat. Makan gelap-hijau, merah, dan kuning dalam sayuran dan buah-buahan. Karena terdiri dari berbagai antioksidan, ditambah vitamin A, C, E, dan beta-karoten. Olah raga teratur, karena setiap kali berjalan atau berlari akan meningkatkan kekebalan tubuh yang merupakan pertahanan alami terhadap virus. Waktu untuk berjalan mungkin hanya diperlukan dalam sehari adalah sekitar 30 menit untuk berjalan kaki atau 10 menit untuk berlari. Minum air dan jus buah (kecuali durian) dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Dapatkan banyak tidur. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7 sampai 8 jam tidur. Remaja membutuhkan lebih banyak sekitar 9 jam sehari. Anak-anak dalam masa pertumbuhan perlu tidur sekitar 10 sampai 12 jam.  Mengurangi stress dan tahu kapan waktu untuk bersantai. Karena terlalu banyak stres akan merusak sistem kekebalan tubuh.

Sumber:

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Influenza, take at February 6, 2011 at 05.30.
  2. http://www.webmd.com/cold-and-flu/flu-prevention-top-ways-to-avoid/default.htm, take at February 6, 2011 at 06.00.

Aksi

Information

One response

17 10 2013
Cold prevention

Heya excellent website! Does running a blog like this take a large amount of work?
I have absolutely no understanding of computer programming however I had been hoping to start my own blog soon.
Anyway, should you have any recommendations or techniques for new blog
owners please share. I know this is off subject but I
simply had to ask. Appreciate it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: